About Us

About Us

Perjalanan Masuk SMA BANUA KALSEL BILINGUAL BOARDING SCHOOL

Hai semua!

Aku mau cerita tentang pengalaman aku sewaktu mendaftar SMA Banua Kalimantan Selatan Bilingual Boarding School. Untuk Website sekolah bisa di akses di sini ya Website Resmi SMAN Banua

Aku baru aja menyelesaikan semua test masuk banua tahun ini. Yah lebih tepat nya Alhamdulillah aku dinyatakan lulus dan diterima di SMA Banua. Dan tanggal 28 juni nanti aku sudah mulai masuk asrama.

Oke, yuk mulai ceritanya.

Aku lupa tanggal nya tapi itu hari pertama pendaftaran banua. Aku daftar ke dinas pendidikan kota Banjarbaru. Untuk informasi awal, pendaftar harus memenuhi syarat tinggi minimal 160cm untuk pria dan 155cm untuk wanita. selain itu tidak boleh erkaca mata, tidak buta warna dan lain lain 

Berkas yang harus dibawa adalah 

1.     Fotocopy rapor 

2.     Surat kesehatan 

3.     Surat keterangan tidak berkaca mata

Jika memiliki prestasi bawa bisa di bawa Fotocopy piagam nya yang telah di legalisasi. 

Untuk lebih jelas bisa di baca di brosur ini



Oke lulus dari seleksi administrasi. 

Lanjut tahap daftar ulang.  Pukul 8 pagi, aku sudah berada di Banua. Hari itu dilakukan pengukuran tinggi dan berat badan lagi. Kalau sekarang, pengukuran dilakukan oleh KOREM (Jadi jangan kaget kalo nanti pas tes banyak bapak bapak tentara). Sewaktu buat surat kesehatan, tinggiku 159 cm dengan berat 52 kg. Tapi sewaktu di ukur di banua jadi 158,9 cm. Nah kalian harus hati-hati di tes ini banyak sekali menggugur kan korban. Total pendaftar dari sekolah ku sekitar 50 orang, dan akhirnya berkurang jadi 40 orang. Oke, Setelah dinyatakan lulus tes ini. Lanjut ke berikutnya yaitu…

Tes Akademik

Tes akademik nya sama seperti tes mapel pada umumnya mulai dari Matematika,IPA,IPS,BIND,sampai Bahasa Inggris.

Tes Mental Ideologi

Ada 2 yaitu Wawancara dan tes tertulis. Untuk wawancara, kalian akan di wawancarai oleh TNI dan ini makan waktu lamaaaaaaa banget .Jadi di tahun aku,pewawancaranya itu ada yang  kepo, ada juga yang seperlunya. Tips nya banyak banyak baca tentang kewarganegaraan aja deh intinya. Ada temen aku yang di wawancara nya 30 menit nah kalo aku +- 10 menit .

Tes BTA 

Kalian diminta membaca Al-Quran dan menulis surah. Surah yang ditulis berdasarkan hafalan kalian ya. Jadi ada baiknya kalian Latihan hafalin tulisan surah-surah pendek.

Tes TIK 

Seperti tes-tes pada umum nya. Asal kalian ngerti dan bisa mengoperasikan komputer (Ms. office harus bisa ya), insya allah kalian lulus aja.

PSIKOTES

Kalian sudah tau kan tes ini gimana, ada baiknya kalian beli deh buku nya atau cari tau banyak macam tes psikotes biar ga kesusahan. Hati-hati disini banyak makan korban lho. 

Wawancara Bahasa Inggris

Pertanyaan setiap orang beda. Kunci sukses di tes ini adalah percaya diri dan jangan gugup. Dan jawab sebisa kalian dengan Bahasa Inggris, jangan sampai menyerah dan akhirnya pakai Bahasa Indonesia

Wawancara Orang Tua

Wawancara ortu itu ntar ortu yang di wawancarai. Ini tentang hal hal umum aja

Wawancara Umum 

Untuk calon siswa yang tentang hal umum. Tapi aneh nya nilai aku 45 dari 0-100 hehe. Sebenarnya kunci dari tes ini adalah “jangan kelihatan gugup dan jawab sesuai yang dharapkan sekolah (misal sekolah ingin nya kamu tidak mudah homesick, jadi kalo ditanya tentang rumah dan keluarga ya jangan pilih jawaban yang nandain kalo kamu mudah homesick)”. Intinya jujur aja sih tentang diri kamu.

Pas pengumuman….Alhamdulillah aku lulus. Hati-hati...di tahap ini banyak banget makan korban, dari sekolah ku yang tadi nya tersisa 40an dan sekarang tinggal 14 orang. Eitsss.. banyak temen aku yang jatoh di psikotes padahal nilai akademiknya bagus.Jadi hati hati ya , jangan meremehkan setiap tes ,dan yang terpenting itu berdoa. 

Setelah dinyatakan lulus , harus daftar ulang lagi buat tes kesehatan . Ini tes yang waaaaaahhhhh… tes nya mirip seperti tes masuk TNI atau POLISI.
Tes nya macem macem. Pertama tes urine, darah , jantung , THT, Organ Vital bagian bawah juga ya, kalo cewe yang atas juga, bentuk kaki, bentuk tulang belakang, mata , tensi, kesehatan mulut dan gigi , kejiwaan  dan lain lain . Jadi sudah sehatkah anda ?

Aku pikir disini ga makan korban banyak, ternyata lumayan banyak. Dari sekolah aku ada 1 yang mengundurkan diri dan ada 2 yang gugur. mereka semua cowo. Jadi cowo dari sekolah aku sisa 1 dan cewe nya 10.

 Lanjut daftar ulang dan persiapan buat Tes jasmani . 

Tes Jamani terdiri dari

1.     Lari 12 menit 

2.     Shuttle run 

3.     Push up 

4.     Pull up (cowok only)

5.     Chinning (cewek only)

6.     sit up. 

Nah aku ini memang payah kalo disuruh lari. Jadi sebelumnya tiap pagi aku lari pagi dideket rumah. Ada juga yang latihan di stadion mini ataupun di lap murjani. 
kalo sit up aku udah bisa. Awal nya aku kira cewe nya pull up juga. Jadi aku nggelantungan di pohon dan gagal. Tapi Cewe nya chinning bukan pull up. So tenang girls 
Shuttle run itu lari bolak balik angka 8.


        Pagi pagi sudah harus di stadion lambung mangkurat. Di lokasi. kita di tensi dan diminta beberapa data diri. Sampai akhir nya pemanasan yang sangat bikin panas yang dipandu oleh tentara. Padahal belum lari tapi udah capek gara gara pemanasan. Tes pertama itu Lari 12 menit dan kemaren aku dapat -+3 ½ putaran. Cowok nya paling ga harus dapat 4 putaran. Setelah itu ke chinning dan pull up. Aku dapat 49 kali dalam 1 menit di chinning. Kasian cowonya pada kesusahan pull up. Setelah itu ke sit up, Kalo ga salah aku dapat 34 kali dalam 1 menit. Push up aku dapat 22 kali. Setelah itu ada shuttle run. Jarak nya 10m. karna muter muter angka 8 nya 3 kali jadinya total jaraknya 60 m. kalo ga salah normal nya dapat 23 detik . Disini perlu konsentrasi, ikuti jalur nya. Jangan sampe kepleset dan salah jalur nanti memperlambat lari. Usahakan cepat dan jaga keseimbangan. Setelah itu ukur badan lagi tapi cuma untuk melengkapi aja dan ga terlalu berpengaruh. Setelah itu 2 hari kemudian di umumkan lulus atau tidak nya. Dan ternyata ada 1 cowo yg tidak hadir dan 2 cowo yang gugur. Tapi cewe nya lulus semua. Dari ratusan pendaftar se kalsel yang lolos dan ketrima ada 73 orang untuk Banua Ak 4

Dan tanggal 22 juni nanti aku daftar ulang dan tanggal 28 juni masuk asrama.

Okee trimakasih sudah membaca tulisan aku ini. Semoga kalian yang berminat mandaftar banua tahun depan dilancarkan tes nya. Sampai ketemu di banua . Good luck !!!

Disclaimer

Aku udah lulus tahun 2018 kemarin guys. Kalau ada pertanyaan di kolom komentar, aku coba jawab sepengetahuan ku ya. Untuk detailnya bisa kalian tanyakan di OA IG OSIS ataupun OA IG Sekolah

 

 

 

Post a Comment

33 Comments

  1. MAAF APABILA BANYAK KESALAHAN DALAM PENULISAN DI ATAS

    ReplyDelete
  2. Maaf kak, nanya disini boleh gk? Jd gini, aku pengen masuk Banua. Dan memang sebentar lg ada seleksi administrasi. Tp kalo waktu kakak mendaftar itu yg diliat nilai apa aja ya kak? kalo ada waktu tolong dibalas. Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  3. nilai rapor nya ya de? tapi waktu itu kaka semua nilai diliat tapi ada temen kaka yg cuma math, ips , ipa, bing , bind . insya allah sih gitu de. liat di brosur aja.

    ReplyDelete
  4. terimakasih sangat bermanfaat, semangat !!!!

    ReplyDelete
  5. terimakasih sangat bermanfaat, semangat !!!!

    ReplyDelete
  6. Maaf kak,mau nanya setiap mata pel ipa,ips,bing,bind.itu nilainya harus 8 ya kak?
    Atau dijumlahkan terus dibagi?
    Kalau ada waktu tolong dibalas ya kak,makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kaka kemarin semuanya masing masing nilai nya 8

      Delete
  7. Maaf ka, mau tanya kalo gigi berlubang trus ditambal bisa lulus nggak ka???

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada batas buat masalah yang ada di mulut. Kalau ga salah maksimum masalah nya itu ada tiga. Insya Allah lulus kalau masalah nya ga lebih dari tiga .

      Delete
    2. Maaf ka ..mau tanya .. masalah ada 3 itu maksudnya masalah apa ka?

      Delete
  8. Replies
    1. sekarang ada 3 jalur
      cek ini https://www.instagram.com/p/BSDsw1yDlFe/ atau https://www.instagram.com/p/BSDstH6j6st/

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Wah aku baru tau kalo miminnya kamu ;)

    ReplyDelete
  11. Wah aku baru tau kalo miminnya kamu ;)

    ReplyDelete
  12. Kak kalo pakai kacamata bisa masuk gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok. Ada beberapa jalur masuk sekarang. Salah satu nya tidak mewajibkan mata normal(tak ada minus/plus)

      Delete
  13. Ka may nanya kalo gibi ny ny gingsul itu gimana ka

    ReplyDelete
  14. Ka contoh wawancaranya bahasa inggris itu gimana?aku pengen masuk benua tapi aku tidak mahir berbahasa inggris,jdi aku mau belajar,jdi gimana belajarnya ka
    Klau ad waktu balas ya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu saya dulu, wawancara nya seputar diri kamu kok, cuma berbahasa inggris.
      Mungkin kamu coba belajar perkenalan diri dengan bahasa inggris. Inti nya kamu jawab sebisa kamu aja , dan karna ini tes wawancara bing ya kamu harus jawab gimna pun pake bahasa inggris walaupun terbata bata.
      Belajar nya, coba tanya jawab sama temen pake bahasa inggris, trus latian ngobrol in english sama temen

      Delete
  15. Permisi kak, saya mau tanya kalo diluar kalsel apa boleh kak, soalnya saya berminat banget kak masuk banua, itu aja kak, tolong minta jawabnya ya kak, maaf mengganggu, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf dek, sma banua hanya untuk putra putri kalimantan selatan

      Delete
  16. halo, kak. aku nanya dong.. kan ada tes kesehatan tuh salah satunya buat tes penyakit seks menular, kan? nah itu tu ceknya gmna ya, Kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sewaktu tahun saya tes organ kelamin dan dubur hanya diperiksa secara fisik.

      Delete
  17. Kak kalo kamar di asrama nya pakai kipas atau AC?

    ReplyDelete
  18. hlo kka mau tanyaaa
    smoga di baless klo ga sibuk hehe >:)
    aku mauu tanyaa
    kka kmrn pas masuk biaya nya brp kak? :")
    oiya sama mau nanya, siswa yg diterima kurang dari 100 org yya?
    mksii ka, smoga di blss

    ReplyDelete