About Us

About Us

Daily Activity di SMAN BANUA KALSEL BILINGUAL BOARDING SCHOOL

Assalamualaikum

Udah lama aku ga ngepost tulisan baru.

Oke kalau post sebelum nya aku ngepost tentang perjalanan masuk SMAN BANUA KALSEL.

Sekarang aku mau cerita tentang Perjalanan selama di SMAN BANUA KALSEL.Oke jadi, Banua itu sekolah yang tadi nya bekerja sama dengan Pasiad turki. Sama seperti sekolah sekolah pasiad lainnya. Misal , Semesta di semarang, Pribadi bandung , pribadi depok , kesatuan bangsa , Sragen Billingual boarding school , fatih aceh, Kharisma bangsa.  Tapi karena satu lain hal , sekarang sudah bukan dengan PASIAD lagi. Sama seperti sekolah Pasiad yang lain. Banua ada yang nama nya Etut atau belajar mandiri. Ada Etut pagi (jam 6.30-7.10), etut sore (jam 17-18), etut malam (jam 19.15- 21.00).  Sebuah mitos jika tiba tiba ga etut. Mau Banua hampir terbakar, mati lampu , hujan badai atau apapun alasan nya tetap etut bahkan yang telat etut akan dapat extra etut. Yang membedakan banua dengan sekolah pasiad yang lain, mungkin karena banua tidak memakai baju pasiad. Sekolah pasiad yang lain kebanyakan Swasta, tapi kalau Banua itu sekolah negeri yang di biayai Provinsi. Pembina asrama di Banua juga berasal dari Pasiad. Yang kebanyakan orang turki, kami memanggil nya ‘’Abla”  untuk perempuan dan “Abi” untuk laki-laki . Sesama sekolah Pasiad juga bisa rolling guru atau pembina asrama. Banua juga ikut dalam program atau event yang di adakan pasiad, misalnya Osis camp, olimp camp, Turkce olimpiyatlarl , dan lain lain. Program-program di sekolah sekolah pasiad juga hampir sama. Di sekolah pasiad, kelas Perempuan dan laki-laki dipisah. Ada satu lagi yang membedakan banua dari sekolah pasiad yang lain, yaitu tes masuk nya yang banyak dan hanya bisa diikuti oleh siswa yag berasal dari Kalimantan selatan saja. Banua juga ada latihan PBB setiap hari sabtu yang dilatih oleh bapak tentara dari Korem. Kelas 12 nya juga sangat dipersiapkan fisik nya dengan adanya kesemaptaan setiap minggu. Maka jangan heran kalau lulusan banua kebanyakan badan nya bagus bagus. Temen aku yang dari semesta juga ngakuin hal itu. Untuk buku pelajaran dan lain-lain juga sama seperti sekolah pasiad yang lain. Yaitu buku Zambak. Di banua, selalu sholat berjamaah kecuali Zuhur dan Ashar. Kalau laki-laki nya selalu berjamaah. Setiap selesai sholat magrib , kami biasanya baca wirid turki yang disebut Tesbihat.

Setiap minggu, kami pasti ada yang namanya “Sohbet”, membicarakan topik topik agama. Dan biasanya abla atau abi bakalan belikan kita makanan hehe. Abla atau abi biasanya bakalan ngajakin kita masak makanan turki dan alhasil kami harus ngabisin semua makanan nya yang sengaja dibikin versi jumbo. Malam minggu adalah malam yang kami tunggu. Kalau perempuan, itu adalah saat dimana jadwal bagi hp. Dan malam minggu biasanya akan ada acara asrama. misal nonton film,bakar jagung , makan makan , atau latihan nyanyi atau tari turki.

Waktu pertama kali masuk banua, ga nyangka ternyata semua guru nya asik-asik. Dan juga kebanyakan masih muda-muda. Jadi nyambung banget diajak becandaan. Kenakalan terparah anak banua kalau dikelas itu Tidur waktu guru menjelaskan, atau telat masuk kelas karena ketiduran di asrama. Tapi, sekarang asrama di kunci beberapa menit sebelum jam masuk kelas. Jadi, kebanyakan temen aku milih untuk tidur dikelas aja kalau istirahat makan siang.

Program yang baru saja berjalan di tahun aku sekarang ini adalah Weekly test untuk kelas 10. Karena biasanya weekly test nya untuk kelas 11. Tapi tidak semua sekolah pasiad ada weekly test, pribadi bandung ada. Jadi weekly test itu sebuah test yang soal nya mencakup -+ 7 mapel dalam sekali test. Waktu nya +- 1,5 jam. Di banua , ada juga yang namanya jumat baca , jumat taqwa , jumat  bersih dan jumat Skj.  Belum lama ini, banua baru saja mengadakan SCIENCE FAIR dimana anak anak banua membuat project sesuai bidang nya. Di kunjungi oleh sekolah sekolah lain dari beberapa kab/kota di kalsel. untuk ekstra kurikuler, tadi nya banua ada Marching band tapi terhenti karna satu dan lain hal. ada PMR, PRAMUKA, BASKET (?) untuk putra, Debate, paduan suara dan olimp (entah ini bisa di bilang ekskul atau tidak) dan banyak lagi tapi aku lupa (entah lupa atau ga tau). karena banua adalah sekolah yang berasrama (namanya juga Boarding school) maka hanya sebulan sekali baru bisa pulang. Dan boleh dikunjungi orang tua seminggu sekali. Jangan sedih, kadang ga bakal terasa kalau sudah di lalui sama temen temen. Ga kerasa ehh pulang. Satu hal lagi tentang banua, tidak ada interaksi antar perempuan atau laki-laki. So, kalian bakal lebih fokus belajar dan beribadah.

 

Contoh seragam PASIAD

 

 Seragamnya yang biru dan yang merah. kalau untuk rok yang motif tartan warna merah hitam putih sama rok tartan warna merah biru. Kalau yang hijau sasirangan, Jelas lah ya itu Banua. Oiya itu foto olimpiade camp kimia januari 2016 di semarang yang sempet aku ikuti

    Sekian tulisan aku kali ini. Tunggu tulisan aku selajutnya tentang banua atau yang lain ya. Kalau ada typo atau kesalahan dalam tulisan aku, mohon dimaafkan.

Post a Comment

4 Comments

  1. mantapp info ny, kakak wkk

    ReplyDelete
  2. kakk klo tahun depan daftar, tp aku pake kacamata bisa msk ga kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok bisa, ada kategori yang mengizinkan pakai kacamata

      Delete